Ulasan Tentang Selang Las Dan Keselamatan Kerjanya Pada Las Asetelin/OAW | Ilmu Las

Selang las digunakan buat mengalirkan gas menurut silinder ke pembakaran. Slang las dibentuk berdasarkan karet yg berlapis-lapis & diperkuat oleh serat-serat bahan tahan panas misalnya pada gambar dua.08. Sedangkan sifat slang las adalah sebagai berikut :

a) Kuat

(1) Slang Asetilena harus tahan terhadap tekanan 10 kg/cm2

(2) Slang oksigen wajib tahan terhadap tekanan 20 kg/cm2

b) Tahan barah/panas

c) Lemas/nir kaku/fleksibel

d) Berwarna

(1) Slang oksigen memiliki warna hitam/biru/hijau

(dua) Slang asetilena memiliki rona merah.

E) Ukuran slang las

Besarnya diameter pada slang las bermacam-macam dan ukuran yg paling poly dipakai merupakan tiga/16 ? Dan lima/16?. Dalam dunia perdagangan slang oksigen dan asetilena ada yg berdiri sendiri dan terdapat pula yg diikat menjadi satu (twin hose). Slang las jenis ke 2 ini lebih enak dipakai karena gampang digulung dan nir terpuntir.

 Selang las OAW

Dalam penggunaannya, slang las tidak dibenarkan dipertukarkan. Untuk menyalurkan gas oksigen pakailah slang yang berwarna merah. Dengan perbedaan rona ini dapat dihindarkan kekeliruan pada saat pemasangan slang.

Bentuk indera penyambung slang bisa dibedakan menjadi berikut :

a) Nipel (alat penyambung) dalam kedua ujung siang dibuat berlainan. Nipel oksigen berbentuk 1/2 bulat, sedangkan Nipel asetilena berbentuk tirus seperti pada gambar 2.09

 Bentuk alat penyambung slang

b) Mur pengikat buat oksigen memiliki ulir kanan, sedangkan buat asetilena ulir kiri misalnya pada gambar 2.10.

C) Mur pengikat buat oksigen berbentuk segi enam rata dan mur pengikat asetilena berbentuk segi enam ditakik.

Keselamatan Kerja Selang Las.

Selang las menghubungkan tabung gas menggunakan pembakar las buat mengalirkan gas oksigen dan asetilena. Selang gas oksigen berwarna hitam atau biru dan selang asetilena berwarna merah atau oranye. Prosedur keselamatan kerja memakai selang las adalah selang las tidak boleh terkilir dan terjepit waktu digunakan. Selang nir boleh bersentuhan menggunakan nyala api bunga api, benda panas, benda tajam, & segala jenis minyak atau pelumas.

Pemeriksaan selang secara berkala dilakukan agar tidak terjadi kebocoran, hangus, dan sambungan longgar. Jangan menggunakan kawat, plastic, atau isolasi yang menutup kebocoran. Bagian yang bocor harus dipotong dan disambung kembali menggunakan alat penyambung, pengikat atau penjepit khusus selang. Gulung selang dengan rapi setelah menggunakannya.

Tata cara yang sempurna pada menggunakan peralatan las oksi asetilena sangat menguntungkan efisiensi peralatan dan memberi rasa aman bagi operator las oksi asetilena akan mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Ulasan Tentang Selang Las Dan Keselamatan Kerjanya Pada Las Asetelin/OAW | Ilmu Las Ulasan Tentang Selang Las Dan Keselamatan Kerjanya Pada Las Asetelin/OAW | Ilmu Las Reviewed by Salwa on Mei 24, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.