Menyalakan & mengatur Nyala Api
Macam-macam nyala barah pada las oksi asetilena
1) Nyala barah asetilena dengan udara luar
dua) Nyala api karburasi
3) Nyala barah netral
4) Nyala api oksidasi.
Dari keempat nyala api tadi pada atas, terdapat 3 macam nyala api yg dipakai dalam las oksi asetilena, yaitu nyala api karburasi, nyala barah netral dan nyala barah oksidasi; yang paling sering dipakai merupakan nyala netral seperti dalam gambar lima.02.
1) Nyala karburasi
Nyala ini adalah nyala api akibat kelebihan asetilena. Kalau diperhatikan ada tiga bagian di pada nyala tersebut, yaitu nyala inti, nyala ekor minimal, ujung inti nyala tumpul dan berwarna biru..
Dua) Nyala netral
Nyala barah ini terjadi jika perbandingan pemakaian antara gas asetilena dan gas oksigen seimbang yaitu 1 : 1,dua. Pada nyala netral terdapat dua rona api yaitu berwarna biru relatif keputih-putihan
Tiga) Nyala oksidasi
Nyala oksidasi ialah nyala barah dampak kelebihan oksigen. Nyala ini terdiri menurut dua bagian, yaitu nyala inti & nyala luar. Nyala ini berbentuk runcing dan berwarna biru terperinci/jernih
Kegunaan nyala barah las oksi asetilena dalam pengelasan merupakan :
1) Nyala karburasi
Nyala barah karburasi ini terutama dipakai untuk mengeraskan permukaan dan bisa jua digunakan buat mematri keras baja karbon
Dua) Nyala netral
Nyala barah netral dipakai buat las cair hampir semua logam.
Tiga) Nyala oksidasi
Nyala oksidasi dipakai buat memotong logam.
Prosedur menyalakan barah oksi asetilena merupakan sebagai berikut:
1) Tutup semua katup, mencakup katup pembakar, katup regulator dan katup silinder.
Dua) Buka katup silinder dan atur tekanannya sinkron dengan keperluan
tiga) Memilih ukuran tip yg sinkron kemudian memasangnya dalam pembakaran.
4) Membuka katup asetilena sedikit .
Lima) Menyalakan asetilena menggunakan korek barah las; jangan sekali-kali memakai korek barah lain.
6) Lanjutkan membuka katup asetilena perlahan-lahan sebagai akibatnya nir ada jarak antara nyala api dengan ujung tip & nyala api berasap tipis.
Setelah mendapatkan nyala barah awal campuran antara asetilena menggunakan udara luar, maka selanjutnya dilakukan pengaturan nyala api yang sinkron menggunakan tiga jenis nyala api sebagai berikut:
1) Nyala karburasi, buat menerima nyala karburasi, bukalah katup oksigen pembakar perlahan-lahan sebagai akibatnya nyala api yg semula berwarna merah berangsur-angsur berubah memutih dan sebagai tiga bagian, yaitu nyala inti, nyala ekor, & nyala luar. Jika katup oksigen masih dibuka terus, nyala ekor akan semakin pendek. Sebelum nyala ekor mencapai panjang 1 kali nyala inti, dinamakan nyala karburasi.
Dua) Nyala netral, untuk mendapatkan nyala netral teruskan membuka katup pembakar perlahan-lahan sehingga nyala ekor tepat berhenti pada nyala inti.
Tiga) Nyala oksidasi, diperoleh dengan melanjutkan membuka katup oksigen pembakar sehingga nyala inti semakin pendek, bentuknya runcing dan berwarna jernih.
Mematikan nyala barah dilakukan menggunakan cara menutup katup asetilena pembakar. Setelah api meninggal, tutup katup oksigen pembakar selanjutnya buat membuang residu gas, menggunakan mengikuti mekanisme berikut ini :
1) Tutup katup silinder
2) Buang residu gas melalui katup pembakar sebagai akibatnya jarum dalam manometer regulator menunjukkan angka nol, kemudian tutup lagi katup tersebut.
Tiga) Tutuplah katup-katup regulator melalui baut pengatur regulator.
Macam-macam nyala barah pada las oksi asetilena
1) Nyala barah asetilena dengan udara luar
dua) Nyala api karburasi
3) Nyala barah netral
4) Nyala api oksidasi.
Dari keempat nyala api tadi pada atas, terdapat 3 macam nyala api yg dipakai dalam las oksi asetilena, yaitu nyala api karburasi, nyala barah netral dan nyala barah oksidasi; yang paling sering dipakai merupakan nyala netral seperti dalam gambar lima.02.
1) Nyala karburasi
Nyala ini adalah nyala api akibat kelebihan asetilena. Kalau diperhatikan ada tiga bagian di pada nyala tersebut, yaitu nyala inti, nyala ekor minimal, ujung inti nyala tumpul dan berwarna biru..
Dua) Nyala netral
Nyala barah ini terjadi jika perbandingan pemakaian antara gas asetilena dan gas oksigen seimbang yaitu 1 : 1,dua. Pada nyala netral terdapat dua rona api yaitu berwarna biru relatif keputih-putihan
Tiga) Nyala oksidasi
Nyala oksidasi ialah nyala barah dampak kelebihan oksigen. Nyala ini terdiri menurut dua bagian, yaitu nyala inti & nyala luar. Nyala ini berbentuk runcing dan berwarna biru terperinci/jernih
Kegunaan nyala barah las oksi asetilena dalam pengelasan merupakan :
1) Nyala karburasi
Nyala barah karburasi ini terutama dipakai untuk mengeraskan permukaan dan bisa jua digunakan buat mematri keras baja karbon
Dua) Nyala netral
Nyala barah netral dipakai buat las cair hampir semua logam.
Tiga) Nyala oksidasi
Nyala oksidasi dipakai buat memotong logam.
Prosedur menyalakan barah oksi asetilena merupakan sebagai berikut:
1) Tutup semua katup, mencakup katup pembakar, katup regulator dan katup silinder.
Dua) Buka katup silinder dan atur tekanannya sinkron dengan keperluan
tiga) Memilih ukuran tip yg sinkron kemudian memasangnya dalam pembakaran.
4) Membuka katup asetilena sedikit .
Lima) Menyalakan asetilena menggunakan korek barah las; jangan sekali-kali memakai korek barah lain.
6) Lanjutkan membuka katup asetilena perlahan-lahan sebagai akibatnya nir ada jarak antara nyala api dengan ujung tip & nyala api berasap tipis.
Setelah mendapatkan nyala barah awal campuran antara asetilena menggunakan udara luar, maka selanjutnya dilakukan pengaturan nyala api yang sinkron menggunakan tiga jenis nyala api sebagai berikut:
1) Nyala karburasi, buat menerima nyala karburasi, bukalah katup oksigen pembakar perlahan-lahan sebagai akibatnya nyala api yg semula berwarna merah berangsur-angsur berubah memutih dan sebagai tiga bagian, yaitu nyala inti, nyala ekor, & nyala luar. Jika katup oksigen masih dibuka terus, nyala ekor akan semakin pendek. Sebelum nyala ekor mencapai panjang 1 kali nyala inti, dinamakan nyala karburasi.
Dua) Nyala netral, untuk mendapatkan nyala netral teruskan membuka katup pembakar perlahan-lahan sehingga nyala ekor tepat berhenti pada nyala inti.
Tiga) Nyala oksidasi, diperoleh dengan melanjutkan membuka katup oksigen pembakar sehingga nyala inti semakin pendek, bentuknya runcing dan berwarna jernih.
Mematikan nyala barah dilakukan menggunakan cara menutup katup asetilena pembakar. Setelah api meninggal, tutup katup oksigen pembakar selanjutnya buat membuang residu gas, menggunakan mengikuti mekanisme berikut ini :
1) Tutup katup silinder
2) Buang residu gas melalui katup pembakar sebagai akibatnya jarum dalam manometer regulator menunjukkan angka nol, kemudian tutup lagi katup tersebut.
Tiga) Tutuplah katup-katup regulator melalui baut pengatur regulator.
Tidak ada komentar: